Pemerintah Arab Saudi Lakukan Penangguhan Ibadah Umrah

Terkait dengan penyebaran Virus Corona yang akhir-akhir ini semakin meningkatkan kepanikkan dan juga tingkat kewaspadaan masyarakat secara luas tentang penyakit ini, berita terkini datang dari Kerajaan Arab Saudi yang mengumumkan untuk melakukan penangguhan ibadah umrah.

Arab Saudi Menangguhkan Ibadah Umrah Dalam Usaha Penanggulangan Virus Corona

Keputusan yang diambil oleh Kerajan Arab Saudi ini didasari oleh penyebaran Virus Corona yang sangat meresahkan bagi masyarakat dikarenakan gejala yang ditampakkan hampir mirip dengan jika terjangkit virus Influenza namun dengan angka kematian yang lebih tinggi.

Selain peziarah yang berasal dari luar negeri, peziarah yang berasal dari Arab Saudi sendiri pun dikenakan pembatasan terkait dengan ibadah umrah. Hal ini dilansir oleh Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi yang melalui pernyataan resmi yang dikutip dari Saudi Press Agency. Penangguhan ibadah umrah ini belum dilanjutkan dengan berita terkait ibadah haji yang rencananya akan dimulai pada akhir bulan Juli tahun 2020 ini.

Pengambilan keputusan oleh Kerajaan Arab Saudi dem mencegah penyebaran Virus Corona ini dikarenakan pada Senin, 2 Maret 2020 pemerintah Arab Saudi mengumumkan kasus positif Covid-19 pertama.

Penangguhan Ibadah Umrah Belum Ditentukan Hingga Kapan

Menurut kabar yang tersiar sebelumnya, penangguhan ibadah umrah ini akan berjalan sepanjang tahun 2020. Namun ternyata kabar tersebut adalah bohong, berita terbaru dijelaskan oleh Agus Maftuh Abegebriel, Duta Besar RI. Kabar penangguhan ibadah umrah yang dilakukan oleh Kerajaan Arab Saudi untuk mencegah penyebaran Virus Corona memang benar, namun jangka waktunya belum ditentukan.

Penangguhan ibadah umrah ini juga menyebabkan permasalahan baru bagi Jemaah ibadah umrah dari Indonesia yang akhirnya tidak bisa berangkat dan melakukan ibadah umrah karena terhalang dengan kebijakan Kerajaan Arab Saudi tersebut.

Keputusan Kerajaan Arab Saudi untuk menangguhkan ibadah umrah ini juga membuat area ibadah yang biasanya dipenuhi oleh banyak sekali Jemaah terlihat lenggang karena yang melakukan ibadah umrah terbatas pada warga yang berasal dari Arab Saudi itu sendiri.

Untuk pemberitaan lebih lanjut yang tentu saja terpercaya terkait dengan Virus Corona ini baik dari luar negeri maupun berita Indonesia lainnya dapat anda dapatkan di haluan.co.