Struktur Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Struktur Sel Tumbuhan  – Sel tumbuhan adalah bagian terkecil dari tiap-tiap organ tumbuhan. Dia masuk ke dalam kelompok jenis sel eukariotik, hanya saja sedikit berbeda dibanding sel eukariotik lainnya. Ia memiliki struktur yang khas dibanding organisme eukariotik lain.

Struktur Sel Tumbuhan

Contoh paling mendasar adalah sel tumbuhan memiliki bentuk sel yang kaku. Bentuk tersebut mereka dapatkan dari dinding sel yang berada di bagian paling luar sel ini.

Adapun struktur sel tumbuhan yang perlu kita ketahui. Mereka tersusun, menjadi bagian-bagian paling penting yang dibutuhkan oleh para tumbuhan.

  • Nukleus

Nukleus atau inti sel ini berada di bagian paling tengah, dia menjadi tempat utama penyimpanan kromosom dari sel tertentu.

Fungsi Nukleus sangat penting untuk tumbuhan, ia berguna untuk mengkoordinasi metabolisme contohnya adalah pembelahan sel, pertumbuhan sel, dan sintesis protein.

  • Plastida

Ia berfungsi membawa pigmen. Kandungan pigmen yang dibawa Plastida (Kloroplas) ini memiliki kandungan klorofil hijau. Dengan keberadaannya itu, tumbuhan bisa menjalani proses fotosintesis.

Tentunya fotosintesis itu dapat berlangsung dengan keberadaan cahaya matahari, air dan karbon dioksida.

  • Ribosom

Ribosom adalah bagian yang berguna untuk memproduksi protein dalam sel. Dia seperti pabriknya, atau pusat dari protein. Ribosom berbentuk seperti butiran nukleoprotein. Ia tersusun atas unit besar dan kecil yang berisi RNA Ribosom, RNAr dan protein.

Ribosom terbagi menjadi 2 jenis, ada Ribosom yang terikat dan bebas. Jenis-jenis ini terdapat di dalam sitoplasma.

  • Mitokondria

Mitokondria berguna untuk memecah karbohidrat kompleks dan gula. Dia juga mengandung enzim tertentu yang keberadaannya sangat berperan penting dalam pembentukan energi ke sel tumbuhan. Fungsi lainnya, Mitokondria menjadi tempat terjadinya respirasi Aerop dalam pembentukan ATP sumber energi, dan menjadi bagian sel yang dapat membangkitkan tenaga listrik di dalam sel.

  • Vakuola

Di dalam sel tumbuhan, ada lebih dari satu organel Vakuola. Ada beberapa Vakuola, dan mereka menghabiskan ruang yang cukup besar dibanding yang lain. Vakuola menyimpan berbagai senyawa, yang bermanfaat untuk ekskreasi materi limbah dan berguna untuk pencernaan intraseluler molekul kompleks.

Dan masih ada beberapa lagi struktur sel tumbuhan lainnya. Struktur mereka hampir sama dengan sel hewan. Tapi tetap saja, mereka adalah makhluk hidup berbeda yang mempunyai ciri khas masing-masing.