DIANA SONIA

  1. Stellarium

Assalamualikum wr,wb

Saya kali ini sedikit berbagi materi pengenalan stellarium

Pengertian stellarium

Jika anda seorang astronom atau pencinta langit malam pada umum nya, mungkin software yang satu ini harus terinstall pada komputer anda. Sebutlah namanya Stellarium. Dari namanya saja mungkin kita sudah bisa menebak apa itu stellarium. Stellar yang berarti bintang dan akhiran ium biasanya menandakan sebuah tempat. Ya, Stellarium merupakan sebuah software yang akan mensimulasikan bintang-bintang dilangit baik siang maupun malam secara realtime atau seperti pada kondisi sesungguh nya. Stellarium tidak hanya menampilkan bintang-bintang saja tapi juga mensimulasikan planet, galaksi, nebula, cluster dan objek astronomi lainnya. Pemandangan yang disuguhkan pun membuat kita serasa benar-benar berada di sebuah lapangan yang luas dan bisa melihat benda-benda langit seperti bintang dan kawan-kawannya. Penasaran? Kita coba yuk bahas satu persatu seputar Stellarium.

Kapasitas nya yang kecil dan sumberdaya komputer yang relatif rendah membuat software ini ramai digunakan oleh para pecinta astronomi maupun pecinta langit. Apalagi grafik dan pemandangan nya yang seolah-olah realistis membuat software di kalangannya iri. Berdasarkan pengalaman menggunakan berbagai macam software simulasi bintang, mungkin stellarium berada pada urutan pertama untuk grafik nya yang mendekati realistis dan tidak membutuh kan resource komputer yang tinggi. Stellarium mempunyai license GPL atau General Public License dimana kita bolah berbagi, memodifikasi dan menyebarluaskannya secara free tanpa dipungut biaya dari sipembuatnya atau lebih kerennya stellarium adalah software opensource.

 

Stellarium dapat kita dapatkan di www.stellarium.org. Mungkin bagi adik-adik saya yang sedang menempuh olimpiade astronomi maupun sedang mempelajari astronomi, stellarium dapat membantu belajar kita karena disamping mudah dalam pengoperasian nya stellarium juga mempunyai fitur-fitur seperti simulasi waktu, rasi bintang, seni rasi bintang, garis hayal(equatorial dan azimuth) dan juga zoom objek astronomi sehingga kita bisa melihat seperti apa wajah dari si objek tersebut. Agar performa tampilan stellarium dapat bekerja semaksimal mungkin, berikut artikel tentang Konfigurasi Stellarium

 

Siang hari dibawah terik matahari yang bersinar membuat pemandangan lapangan pada landscape stellarium seolah-olah tampak realistis. Biru nya langit dan efek dari sinar matahari menambah ke-realistis-san dari panorama landscape yang ada. Jika kita bosan dengan landscape yang ada, kita dapat menggantinya sesuai kemauan. Laut, permukaan bulan, badai, permukaan mars, pepohonan dan taman bunga dapat kita pilih menjadi landscape stellarium. Jika masih bosan, user juga dapat mendownload landscape-landscape yang telah disediakan di wiki stellarium. Setelah mentari terbenam dan malam menjelang, user akan disuguhkan simulasi pemandangan langit malam seperti pada kondisi nyata. Lengan galaksi bimasakti, hujan meteor dan bertebarannya jutaan bintang dilangit menambah keasyikkan kita menjelajah langit malam. Dengan menekan tombol “C” maka rasi bintang akan ditampilkan. Bintang yang satu dengan yang lainnya akan disatukan dengan sebuah garis lurus dan terciptalah puluhan rasi bintang seperti scorpius, orion, centaurus, gemini, sagitarius dan capricornus.  Pertunjukan tidak hanya berhenti sampai situ saja, stellarium akan menampilkan nama dari rasi bintang beserta gambar dari rasi bintang dan menambah keasyikkan kita bersimulasi seperti didunia nyata ketika menekan tombol “V” dan “R”.

 

Manpaat stellarium untuk media pembelajaran

 

Teknologi telah diterapkan pada berbagai bidang-bidang yang dapat jauh lebih mempermudah proses penelitian, pembelajaran, maupun dalam simulasi praktik. Kali ini saya ingin mencoba membahas tentang software yang menurut saya sangat bagus dan bermanfaat. Mungkin gak semua pembaca blog mau mencoba aplikasi ini tapi, aplikasi ini mungkin patut dicoba buat pembaca yang sedang iseng melihat langit, atau yang gak kuat melihat matahari terus menerus, atau yang sedang mempelajari ilmu astronomi dan kuliah di jurusan-jurusan yang berkaitan dengan ilmu tersebut, karena aplikasi ini bernama Stellarium yang mempelajari tentang planetarium.

Stellarium sebagai alat yang dapat dijadikan sebuah media aplikasi untuk meningkatkan pembelajaran yang dapat mempermudah, mempercepat proses pemahamaan tentang planetarium karena ketika Stellarium ini digabungkan dengan buku sumber yang premium pelajar akan mendapatkan dua hal baik.

Pertama, dengan aplikasi planetarium ini kita yang mempelajarinya seolah-olah melakukan praktikum langsung dengan kemampuan observasi yang telah di arahkan oleh Stellarium ini.

Kedua, dengan adanya buku sumber kita jauh akan lebih paham apa yang kita lihat dari hasil observasi kita melalui aplikasi ini, karena keterangan yang ada dalam aplikasi ini cukup terbatas hanya menjelaskan pengertian utamanya saja, dengan adanya buku sumber yang baik maka keterangan sederhana yang ada dalam aplikasi tersebut dapat dijelaskan oleh buku sumber.

Fitur-fitur yang terdapat pada stellarium

langit

katalog default dengan lebih dari 600.000 bintang

katalog ekstra dengan lebih dari 177 juta bintang

katalog default dengan lebih dari 80.000 objek langit jauh

katalog ekstra dengan lebih dari 1 juta objek langit jauh

asterisma dan ilustrasi konstelasi-konstelasi

konstelasi untuk 20+ budaya yang berbeda

gambar-gambar nebula (katalog Messier lengkap)

Bima Sakti yang tampak nyata

tampilan atmosfer, Matahari terbit dan Matahari terbenam yang realistis

planet-planet dan satelit-satelitnya

antarmuka

zoom

pengendalian waktu

antarmuka dalam berbagai bahasa

proyeksi mata-ikan untuk kubah planetarium

proyeksi cermin sferis untuk kubah ekonomis anda

antarmuka grafis dan kontrol keyboard yang lengkap

kontrol teleskop

visualisasi

petak-petak ekuatorial dan altazimuth

kelipan bintang

meteor

ekor komet

simulasi suar iridium

simulasi gerhana

simulasi supernova dan nova

pemandangan 3D

lansekap yang dapat diganti-ganti, sekarang dengan proyeksi panorama berbentuk sferis

dapat dikustomisasi

sistem plugin menambahkan satelit buatan, simulasi okular, konfigurasi teleskop dan lain-lain

kemampuan untuk menambahkan objek tata surya dari sumber daring…

tambahkan objek angkasa anda, lansekap, gambar konstelasi, skrip.

Kelebihan stellarium

Sejak beribu-ribu tahun yang lalu, ruang angkasa telah menjadi daya tarik tersendiri bagi manusia di bumi. Dipicu rasa keingintahuan yang besar manusia tentang langit, menyebabkan pengetahuan tentang ruang angkasa berkembang hingga mampu diaplikasikan secara praktis. Bahkan, pada level yang lebih dalam, bisa memprediksi masa depan manusia.

Di masa kini, langit nan luas masih menjadi daya tarik sebagian besar manusia di bumi. Di Indonesia, hal ini terlihat dengan begitu antusiasnya masyarakat untuk melihat berbagai fenomena langit yang terjadi. Yang paling dekat adalah gerhana bulan yang terjadi pada 16 Juni 2011 lalu. Jutaan orang di Indonesia rela tidak tidur semalaman hanya untuk menyaksikan fenomena terhalangnya bulan oleh bayang-bayang bumi.

Kekurangan stellarium

Seperti yang dilansir DetikInet, CrackBerry mengungkapkan bahwa kekurangan dari aplikasi ini adalah minimnya petunjuk penggunaannya, padahal dengan aplikasi sekompleks ini, pengguna perlu pengarahan agar bisa menggunakan aplikasi ini dengan lancar. Aplikasi ini hanya perlu menu pertolongan untuk membantu penggunaannya.

Daftar pustaka

http://tipsandtrick-chipunk.blogspot.com/2014/01/stellarium-sebagai-media-pembelajaran.html

http://tipsandtrick-chipunk.blogspot.com/2014/01/stellarium-sebagai-media-pembelajaran.html

http://stellarium.org/id/

Mengintip Ruang Angkasa dengan Stellarium

 

Leave a Reply