Cara Membuat Paving Block Manual

Paving block sudah umum dibuat di Indonesia. Paving block tersebut dapat dibuat dengan menggunakan dua cara yakni manual dan menggunakan mesin. Apabila ingin membuatnya sendiri, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu bagaimana cara membuat paving block secara manual.

Cara Membuat Paving Block Manual

Beberapa Cara Membuat Paving Block Manual

Untuk membuat paving secara manual, terdapat beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan . Yakni cetakan paving, pasir berkualitas, air, semen, tongkat pemukul, dan abu batu. Selanjutnya, campurkan bahan utama untuk membuat paving. Yaitu semen, pasir, dan air kemudian aduk sampai rata.

Hasil adukan tersebut masukkan pada cetakan sampai terisi penuh, padat, dan merata. Jika sudah, langsung padatkan dengan tongkat pemukul untuk mendapatkan permukaan yang lebih rata. Keluarkan paving dari cetakan khusus dan jemur pada tempat yang teduh atau terkena sedikit sinar hingga kering.

Paving block sudah jadi dan bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Namun, jika tidak ingin kerepotan dalam proses pembuatannya yang memerlukan jumlah banyak, maka tidak ada salahnya untuk langsung membelinya saja pada alamat berikut https://sumberagungprecast.com/.

Membuat Paving Block Menggunakan Mesin

Untuk membuat paving block menggunakan mesin umumnya hanya dapat dilakukan pada pabrik khusus. Pabrik tersebut menggunakan bantuan mesin paving block press hidrolik. Caranya yakni dengan mencampurkan pasir, semen, dan juga air menjadi satu kemudian diaduk sampai merata.

Selanjutnya hasil adukan yang sudah jadi dituangkan pada mesin pencetak khusus paving block. Setelah itu dilakukan proses pemadatan dan pencetakan paving memakai mesin khusus secara mekanik. Proses tersebut ditinjau dan diatur oleh operator produksi dalam mencetak setiap blocknya.

Jika proses pencetakan sudah selesai, maka paving akan dikeluarkan dari mesin kemudian ditempatkan pada potongan papan di atas permukaan mesin cetak. Papan tersebut dikeluarkan dan paving baru keluar dari alat cetaknya untuk dikeringkan di bawah sinar matahari secara langsung sampai kering.

Cara membuat paving block memang terlihat seperti sangat mudah, akan tetapi apabila ingin menghasilkan paving dengan kualitas terbaik ada baiknya untuk membelinya saja. Hal ini juga akan menghindari kerusakan dan kegagalan cetak yang hanya akan merugikan pembuatnya.