Cara Membuat Screen Shot di Laptop Windows

Cara Membuat Screen Shot di Laptop Windows

Saat ingin mengambil screenshot di komputer atau laptop tidak tau seperti apa caranya? Disini saya jelaskan beberapa cara membuat screenshot di laptop windows yang mudah dan tidak memelukan aplikasi tambahan.

3 Cara Mudah Membuat Screen Shot di Laptop Windows

Cara ke 1 : Gunakan Tombol Print Screen

Cara membuat screenshot di laptop dan PC ini yang paling umum diketahui serta dipakai oleh pengguna Windows, dengan menggunakan tombol Print Screen yang terdapat pada keyboard. Namun yang masih sedikit diketahui orang adalah, ada banyak cara bila memilih yang pertama ini, yaitu :

  1. Mengambil screenshot gambar tanpa menyimpanya di perangkat sebagai file, hanya menyimpanya pada clipboard
  2. Mengambil screenshot gambar dan secara otomatis langsung tersimpan menjadi sebuah file
  3. Mengambil screenshot hanya pada satu window yang aktif saja, bukan di seluruh layar

Cara print screen pada laptop ini bisa anda lakukan dengan menekan tombol Print Screen satu kali. Tombol Print Screen ini berada di kanan atas keyboard laptop / PC dan diberi label PrtScn / PrntScrn / PrintScr / PrtSc atau sejenisnya. Sedangkan pada laptop terkadang anda harus menekan tombol Functions atau Fn terlebih dulu untuk bisa menggunakan tombol Print Screen.

Cara ke 2 : Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool adalah tool bawaan pada Windows yang sudah ada sejak era Windows Vista. Sayangnya tidak semua orang pernah menggunakan tools ini. Padahal dengan bantuan dari Snipping Tool anda bisa mengambil screenshot di layar komputer jauh lebih fleksibel.

Dengan tools ini anda bisa mengambil screenshot:

  1. Seluruh bagian layar
  2. Pada Window yang sedang anda buka
  3. Bagian layar tertentu yang diinginkan (rectangle dan free-form)

Caranya sangat mudah, jalankan tools Snipping Tool > New > pilih wilayah yang ingin anda screenhot dan save pada komputer.

Ada satu lagi tambahan fitur pada Snipping Tool khusus untuk Windows 10 yang tidak terdapat pada Snipping Tool di Windows versi yang sebelumnya, yaitu fitur Delay. Dengan fitur ini anda semakin fleksibel dalam mengatur berapa lama Snipping Tool akan mengambil gambar screenshot sejak pertama kali diaktifkan.

Cara ke 3 : Menggunakan Software

Jika menggunakan cara yang manual dari Print screen maupun Snipping Tool hasilnya masih kurang memuaskan, anda bisa mencoba software screenshot yang mempunyai fitur lebih lengkap daripada tool bawaan windows.Salah satu software screenshot andalan saya yaitu PicPick yang fiturnya cukup lengkap sekaligus bisa digunakan sebagai image editor, sehingga gambar tersebut bisa ditambagkan tulisan, tanda panah, blur, atau keterangan lain yang anda butuhkan secara langsung. PicPick ini berguna sekali untuk anda yang sering membuat tulisan tutorial di blog atau sering membuat buku / ebook panduan.

Masih banyak lagi tools rahasia pada Windows yang mungkin belum anda ketahui. Bila ingin tau, cari saja informasinya pada situs teknozone.