Cara Memulai Bisnis Dropship

Cara Memulai Bisnis Dropship

Saat memulai bisnis dropship, kamu perlu menginvestasikan banyak waktu untuk mencari produk yang tepat, mempelajari cara pemasaran yang menarik, dan memikirkan ide untuk mengembangkan bisnis tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya:

Daftar Cara Menjadi Dropshipper

1.    Komitmen

Seperti bisnis lainnya, dropship membutuhkan komitmen yang signifikan dan perspektif jangka panjang. Jadi, jangan mudah menyerah saat mengalami kegagalan atau hasilnya belum memuaskan.

2.    Tentukan Produk

Cara terbaik untuk memilih produk adalah menyusun daftar produk yang sedang tren berdasarkan kategori produk terlaris di berbagai platform, baik di media sosial maupun e-commerce. Beberapa contoh produk yang sedang tren tahun ini adalah masker kain, sabun cuci tangan, hand sanitizer, cairan desinfektan, tote bag, sedotan stainless, dan makanan vegan.

3.    Lakukan Riset Pesaing

Pesaingmu mungkin memiliki petunjuk bagus untuk sukses dan dapat membantu kamu membangun rencana pemasaran yang lebih baik. Pelajari semua hal tentang pesaing, mulai dari situs web mereka, harga, metode pemasaran, deskripsi produk, hingga review dari para pelanggannya.

4.    Cari Supplier

Salah memilih supplier bisa membuat bisnis kamu terlihat jelek di mata pelanggan dan bisa cepat gulung tikar. Karena itu, carilah dropship yang bisa memberikan layanan berkualitas tinggi dan garansi produk.

5.    Tentukan Struktur Bisnis

Bisnis dropship bisa dimulai secara mandiri, bersama pasangan atau teman dekat, bisa juga dengan memperkerjakan karyawan sebagai admin online. Jika kamu memilih opsi kedua, tentukan dulu di awal bagaimana pembagian hasilnya. Jika pilihan kamu adalah yang ketiga, pastikan untuk mencari karyawan yang jujur dan kompeten.

6.    Atur Keuangan

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan pengusaha saat memulai bisnis adalah mencampur keuangan pribadi dan bisnis. Hal ini menyebabkan kebingungan, mempersulit akuntansi, dapat menyebabkan asumsi pribadi atas kewajiban bisnis, dan merupakan tanda bahaya untuk bisnis. Cara terbaik untuk memisahkan uang bisnis adalah dengan menyimpannya di rekening berbeda.

7.    Pasarkan Toko Kamu

Ada banyak cara pemasaran yang bisa kamu coba, mulai dari WOM (pemasaran mulut ke mulut), buat konten menarik di media sosial, bergabung dengan forum/komunitas jual beli, lewat blog dan website, hingga iklan berbayar, dan pemasaran selebgram.

Ada banyak bisnis dropship sukses di luar sana, yang bahkan bisa menghasilkan jutaan rupiah per hari. Namun, kesuksesan tersebut hanya bisa didapat dengan kerja keras yang terus menerus. Sebagai langkah awal, cobalah tujuh cara di atas dan pelajari lebih lanjut bagaimana cara mengembangkannya.