Cara Menghilangkan Rasa Cemas Dengan Hipnotis

Cara Menghilangkan Rasa Cemas Dengan Hipnotis – Berdasarkan data dari Riskesdas di tahun 2013, gangguan pada kecemasan dialami kurang lebih 14 juta orang yang berusia 15 tahun ke atas, angka tersebut setara dengan 6 persen dari total penduduk Indonesia. Angka tersebut bukanlah jumlah yang sedikit sehingga harus segera dilakukan tindakan yang tepat.

Cara Menghilangkan Rasa Cemas

Sekarang ini sudah banyak metode pengobatan yang dilakukan guna mengatasi kecemasan, salah satunya menggunakan metode hipnotis atau hipnoterapi. Lantas, apakah efektif jika hipnotis digunakan sebagai metode mengatasi gangguan kecemasan? Dibawah ini saya akan mengulasnya.

Mengenal lebih jauh metode hipnotis

Banyak orang yang mengira bahwa hipnotis (hipnosis atau hipnoterapi) dapat menghilangkan kesadaran manusia secara total. Sebenarnya, metode hipnotis hanya dapat membantu Anda agar lebih rileks dan lebih memfokuskan pikiran Anda. Keadaan ini hampir mirip saat tidur, yang membedakan hanyalah pikiran Anda lebih terfokus dan sanggup memberikan respon. Hipnoterapi biasa dipergunakan untuk pendukung psikoterapi tertentu, bukan sebagai jalan perawatan yang utama.

Bagaimana metode hipnotis sanggup mengatasi rasa cemas?

Hipnoterapi sama sekali tidak sama dengan psikoterapi dan pengobatan untuk mengobati kecemasan. Namun, para peneliti dunia telah mempelajari efeknya terhadap berbagai gangguan mental, seperti misalnya gangguan pada kecemasan, gangguan stres pasca trauma (PTSD), serta depresi yang dialami selama beberapa tahun.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, para peneliti dunia mengamati kondisi otak orang-orang yang sedang menjalani terapi hipnotis. Dari hasil pengamatan ditemukan bahwa kondisi otak pada orang yang sedang terhipnotis mengalami beberapa perubahan diantaranya menjadi lebih fokus dan gejala fisik serta emosional lebih dapat dikendalikan.

Ketika memasuki dimensi hipnotis, terapis meminta anda untuk fokus pada saat-saat yang membuat Anda merasa cemas. Anda bisa saja diminta untuk fokus pada sensasi fisiknya sembari memikirkan penyebab kecemasan itu datang. Begitu Anda dapat mengenali sensasi fisik ini, hipnoterapis akan mengeluarkan sugesti yang dapat menenangkan sekaligus memberikan saran terbaik untuk Anda sehingga rasa cemas itu hilang. Metode inilah yang lebih dikenal dengan penanaman sugesti.

Contohnya apabila Anda sedang merasa cemas saat di tempat kerja, Anda diberikan sugesti untuk lebih yakin dan percaya dengan kemampuan Anda sendiri serta harus lebih percaya diri. Selain itu, terapis juga mengajarkan pada anda teknik supaya lebih rileks dan tenang apabila suatu saat rasa cemas itu muncul.