Daun Beluntas Atasi Pegal Linu Tanpa Efek Samping

Daun Beluntas Atasi Pegal Linu Tanpa Efek Samping

Menggunakan berbagai macam tumbuhan untuk mengatasi masalah kesehatan sudah menjadi hal yang sering oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah daun beluntas. Banyak digunakan untuk mengatasi pegal linu.

Mengenal Daun Beluntas

Beluntas adalah tanaman herbal yang memiliki nama latin Pluchea. Ini biasanya tumbuh subur di pinggiran jalan bahkan sering disebut sebagai semak-semak. Banyak orang yang memanfaatkannya sebagai pagar tanaman karena daunnya yang cukup rimbun dan bisa tumbuh bunga.

Di balik itu semua daun beluntas ternyata bisa digunakan sebagai obat mengatasi pegal linu. Ini sudah Budi pakai di beberapa negara di Asia tenggara khususnya yang beriklim tropis.

Seluruh bagian dari tanaman beluntas ini dapat digunakan sebagai obat herbal sebenarnya. Akan tetapi bagian daunnya yang sering dipakai. Ini mampu mengatasi secara cepat dan alami.

Manfaat Daun Beluntas Atasi Pegal Linu Tanpa Efek Samping

Pada dasarnya daun beluntas menjadi salah satu obat ampuh untuk mengatasi pegal linu. Caranya dengan mengonsumsi air rebusan daun tersebut. Selain itu terdapat berbagai macam manfaat lainnya seperti berikut :

  1. Mengontrol Gula Darah

Pada dasarnya kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh dapat memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan serius. Salah satunya adalah diabetes dan berbagai gejala nyeri sendi. Ekstrak daun beluntas bisa membantu mengontrol kadar gula di dalam tubuh.

Selain itu juga dipercaya mengandung flavonoid yang merupakan agen bioaktif. Ini akan membantu meningkatkan produksi hormon insulin dan menjaga kekebalan tubuh.

  1. Mencegah Bekas Luka

Di dalam daun beluntas terdapat senyawa bernama quercetin. Ini merupakan salah satu zat flavonoid yang cukup bagus digunakan untuk menghambat terjadinya pembentukan bekas luka.

Kandungan daun beluntas bisa mempercepat penyembuhan luka pasca operasi maupun lainnya. Caranya adalah dengan menempelkan tumbukan daun beluntas ke bagian tubuh yang mengalami luka.

  1. Pegal Linu

Gangguan pegal linu memang terjadi karena berbagai macam faktor mulai dari stres, olahraga  berlebihan dan lainnya. Ini bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Mengonsumsi daun beluntas bisa meredakan rasa nyeri tersebut. Anda hanya merebus 3 sampai dengan 4 lembar daun beluntas yang sudah dicuci. Minumlah satu kali sehari secara teratur sebagai cara mengatasi pegal linu.