Doa Sesudah Adzan dan Keutamaannya

Bagi umat Islam, adzan merupakan penanda masuknya waktu untuk menunaikan waktu Sholat. Muazin selalu mengumandangkannya menjelang Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib hingga Isya’.

Setelah mendengarkannya, maka disunnahkan membaca doa sesudah adzan seperti anjuran Rasulullah.

Bacaan Doa Sesudah Adzan

Sebagai umat Muslim, tentu saja senantiasa berusaha untuk membaca doa sesudah adzan sebagai salah satu anjurannya. Menurut HR. Bukhari, barang siapa mendengar adzan lalu mengucapkan,

maka syafaatku baginya di hari kiamat. Indozone telah merangkum bacaannya dengan artinya berikut:

  1. Doa Sesudah Adzan

Suara adzan adalah panggilan Allah kepada seluruh umatNya untuk menghentikan segala aktivitas sejenak dan bergegas mendirikan sholat sebagai kewajibannya. Namun sebelum menjalankannya, sunnah bagi umat Islam yakni dengan membacakan doa sesudah adzan.

Adapun bacaan doa sesudah adzan adalah sebagai berikut

“Allahumma rabba hadihid dakwatit tammah, was sholatil qo’imah, ati sayyidana muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqamam mahmadanil ladzi wa’attah, innaka la tukhliful mi’ad”

  1. Doa Sesudah Adzan Subuh

Cukup berbeda dengan adzan Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya’, di waktu Subuh ada bacaan doa khusus setelah mendengarkan adzan. Maknanya adalah memohon ampunan kepada Allah dan sebagai wujud syukur telah melewati pergantian malam.

Adapun doa sesudah adzan subuh adalah sebagai berikut

“Allahumma hadza iqbaalu nahaarika wa idbaaru laiilika wa ashwaatu du’aaika faghfirlii”.

Artinya yakni,

Ya Allah, kini siangMu sudah datang, malamMu berlalu dan suara penyeru ke jalanmu sudah terdengar, maka ampuni aku.

  1. Doa Antara Adzan dan Iqamah

Ada sebuah pendek yang sunnah untuk dilantunkan seusai mendengarkan adzan dan menunggu waktu iqamah. Agar lebih baik, maka bacalah ayat kursi setelah membaca doa antara adzan dan iqamah berikut. Jangan lupa berdoa karena waktu setelah adzan adalah mustajab melantunkan doa.

“Allahumma inni as alukal ‘aafiyah fid dunya wal akhirah”.

Artinya adalah

“Ya Allah, aku mohon padaMu keselamatan dunia dan akhirat. Sunnah bagi Anda untuk membacanya karena doanya pun juga penuh dengan arti kebaikan.

Keutamaan Doa Sesudah Adzan

Menurut sumber artikel, ada beberapa keutamaan ketika seorang umat Muslim membacakan doa sesudah adzan. Tentu saja sebagai salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW terdapat hikmah

kebaikan di baliknya. Khususnya mendapat syafaat dari Baginda Rasul saat di hari kiamat nanti.

  1. Dikabulkan Doa-Doanya

Sesaat ketika adzan berkumandang merupakan salah satu waktu yang paling mustajab bagi Anda untuk berdoa. Niscaya Allah akan mengabulkan setiap permintaan umatNya dengan begitu mudah.

Hal ini pun juga pernah dijelaskan oleh Rasulullah. Rasulullah pernah bersabda,

“Ucapkanlah seperti ucapan muadzin, apabila kamu sudah selesai, berdoalah maka kamu akan diberi”

Hadits Riwayat Abu Daud dan Ibn Hibban, dihasankan oleh Syuaib al Arnauth.

  1. Mendapat Pahala 10 Kali Sholawat

Umat Muslim yang membaca doa sesudah adzan dengan bacaan di atas lalu dilanjutkan membaca sholawat nabi satu kali, maka Allah akan memberikan pahala berlipat ganda. Yakni 10 kali pahalabersholawat seperti biasanya.

Menurut sabda Rasulullah, “Jika kamu mendengar muadzin, maka jawablah adzannya. Lalu bacalah sholawat untukku. Karena orang yang membaca sholawat untukku satu kali, maka Allah akan memberikan sholawat untuknya sebanyak 10 kali.” Hadits Riwayat Muslim.

  1. Mendapat Syafaat di Hari Kiamat nanti

Semua umat Muslim sangat berharap untuk diberi kemudahan pada saat sudah memasuki hari kiamat. Nyatanya hal ini menjadi salah satu keutamaan membaca doa sesudah adzan. Nabi Muhammad SAW akan memberikan syafaat atas izin Allah bagi orang mukmin yang selalu melantunkan doa di atas.

Menurut sabda Rasulullah, “Barang siapa saat mendengar adzan kemudian mengucapkan doa sesudah adzan, maka syafaatku baginya di hari kiamat.” Hadits Riwayat Bukhari.

Semua umat Muslim tentu berbondong-bondong agar bisa mendapat syafaat Baginda Rasulullah saat di hari kiamat nanti.

Itulah tadi ketiga contoh doa sesudah adzan yang dapat Anda baca setelah mendengarnya. Ketahui keutamaannya dari sunnah tersebut termasuk juga mendapatkan syafaat dari Nabi. Ingatlah bahwa sebagai umatNya, selalu jalani anjurannya agar merasakan pertolongannya di hari kiamat.