Harga Cetak Notebook Spiral

Notebook atau buku catatan adalah buku cetak serbaguna. Notebook biasanya digunakan untuk mencatat ide-ide atau tulisan yang mudah dibawa ke mana-mana. Harga cetak notebook spiral bervariasi tergantung spesifikasinya.

Di kalangan siswa, mahasiswa, hingga pekerja kantoran notebook ini sangat umum digunakan. Bisanya notebook digunakan sebagai suvenir setelah mengikuti seminar, karena harganya di tempat cetak buku yang relatif murah dan pasti berguna untuk mencatat hal-hal kecil.

Adapun spesifikasi penentu Harga Cetak Notebook Spiral sebagai berikut:

  1. Cover

Dalam mencetak notebook percetakan biasanya akan menyediakan berbagai pilihan cover, seperti hardcover dan softcover. Saat memilih cover notebook hendaknya pilih cover yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Hardcover merupakan jenis cover yang paling tebal, memiliki tekstur yang lebih keras, serta secara umum cover jenis ini lebih mahal dan lebih awet dari cover jenis lain. Softcover merupakan kebalikan dari hardcover, perlu kehati-hatian dalam mengunakan notebook dengan softcover agar tidak mudah rusak.

 

  1. Ukuran

Percetakan biasanya akan menyediakan beberapa pilihan untuk mencetak notebook spiral, seperti ukuran A6, A5, B5 dsb.

 

  1. Isi notebook

Percetakan biasanya akan menyediakan beberapa pilihan isi untuk mencetak notebook spiral, seperti polos, bergaris, dan dots, bahkan bisa custom isi notebook biasanya dengan syarat minimal order yang ditentukan percetakan.

 

  1. Pilihan kertas

Percetakan biasanya akan menyediakan beberapa pilihan kertas untuk mencetak notebook spiral, seperti kertas HVS (berwarna putih) dan Bookpaper (berwarna cream atau kertas novel).

Notebook spiral banyak dipilih oleh sebagian orang karena kelebihannya yakni tampilannya yang lebih profesional, notebook spiral juga bisa dilipat tanpa khawatir buku disisi lainnya akan sobek atau terlepas. Selain itu ketika dilipat notebook spiral sangat nyaman digunakan.

Disamping kelebihan yang ada dalam notebook spiral, terdapat beberapa kekurangan dalam notebook spiral. Seperti tidak dapat memuat banyak halaman, tidak dapat digunakan untuk kebutuhan yang lebih formal seperti tesis, skripsi, proposal, dll, serta diarea di dekat lubang akan mudah rusak jika kertas yang digunakan tidak kuat.

Demikian beberapa spesifikasi penentu Harga Cetak Notebook Spiral dan sedikit penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan notebook spiral. Selain dari spesifikasi, penentu harga cetak lainnya adalah jumlah notebook yang dicetak, makin banyak notebook yang akan kita cetak maka harga cetaknya akan makin tinggi.