Ingin Usaha Jual Bibit Jahe Merah? Ini Cara Mememulainya

Jika Anda suka dan hobi merawat tanaman, cobalah untuk menjadikannya sebagai peluang usaha. Anda bisa mencoba menjual bibit, khususnya bibit jahe merah. Jahe merah saat ini banyak dicari oleh masyarakat seiring dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan manfaat rimpang tersebut.

Walaupun masyarakat sendiri cenderung menginginkan jahe merah yang siap dikonsumsi, tetapi banyak juga yang mencari bibitnya untuk dibudidaya. Untuk mendapatkan bibit jahe merah yang siap dijual juga tidak sulit, bahkan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

Cara Membuat Bibit Jahe Merah Yang Berkualitas

  1. Kenali Tanaman Jahe Merah yang Siap Dijadikan Bibit

Hal pertama yang wajib dilakukan ialah memahami apa saja kriteria tanaman jahe merah yang telah siap dijadikan bibit. Untuk ini Anda hanya perlu memastikan bahwa tanaman jahe setidaknya sudah berusia 90 hari. Lebih bagus lagi jika Anda menunggunya hingga berusia 9 bulan atau lebih.

Jika Anda sudah memiliki jahe merah dengan kriteria tersebut, maka Anda perlu memastikan jahe dipanen dengan sangat hati-hati agar calon bibit tidak cacat. Apabila ada yang cacat, jangan jadikan sebagai bibit karena bisa membuat tanaman tumbuh tidak optimal. Tentu saja ini perlu diperhatikan jika Anda ingin usaha jual bibit jahe merah yang hendak dilakukan mendatangkan keuntungan.

 

  1. Ketahui Cara Mengolah dan Menyortir Jahe Merah yang Akan Dijadikan Bibit

Setelah dipanen, Anda juga harus mengolah jahe-jahe yang akan dijadikan bibit tersebut. Pengolahan yang dimaksud di sini terutama pembersihan agar bakal bibit terbebas dari kutu maupun virus dan bakteri.

Untuk mendapatkan bakal bibit terbaik juga bisa Anda lakukan dengan menempatkan jahe dalam bak. Tuangkan air ke dalam bak tersebut. Nantinya akan ada jahe yang tetap di permukaan maupun yang tenggelam. Umumnya, jahe yang tenggelamlah yang bagus untuk dijadikan bibit.

Jika tidak menggunakan cara tersebut, Anda juga bisa memilih bakal bibit yang baik dengan menggunakan timbangan. Sebaiknya pilih jahe yang bobotnya berkisar antara 25 – 80 gram. Jangan pilih yang lebih kecil dari ukuran tersebut.

 

  1. Memulai Pembuatan Bibit Jahe

Setelah Anda berhasil mendapatkan bakal bibit jahe yang baik, selanjutnya Anda bisa memulai pembuatan bibit. Siapkan dulu media tanamnya. Tempatkan bakal bibit dalam media tanam tersebut. Kemudian tambahkan sekam atau jerami di bagian atasnya. Jika memungkinkan, pindahkan jahe tersebut ke tempat yang lembab dan teduh agar bibit jahe tumbuh dengan baik.

Mudah bukan cara membuat bibit jahe merah? Jangan lupa untuk mengeceknya sesekali agar bibit tetap dalam kondisi yang berkualitas. Nah, begitu bibit siap, Anda bisa langsung membuka usaha penjualan bibit tersebut. Semoga bermanfaat.