Jenis Metode Pembayaran Iklan Google Ads

Jenis Metode Pembayaran Iklan Google Ads

Jenis Metode Pembayaran Iklan Google Ads – Platform periklanan Ads pasti sudah bukan menjadi hal yang asing lagi bagi para pebisnis, sebab Ads merupakan salah satu strategi pemasaran online yang cukup efektif. Jika Anda paham fitur dan kelebihan dari alat ini, maka Anda bisa meningkatkan keuntungan bisnis dengan mudah.

Apalagi kehadiran fitur yang semakin kompleks di dalamnya akan membuat Anda bebas merencanakan strategi pemasaran online. Ads memberikan kebebasan untuk menargetkan calon pelanggan, bisa berdasarkan keyword, lokasi, topik hingga waktu. Selain itu Anda juga bisa menentukan sendiri biaya pemasaran sesuai dengan budget yang dimiliki, berikut penjelasannya.

Jenis Metode Pembayaran dalam Google Adwords

1.     Pay per Thousand Impression (Biaya per 1000 Impresi)

Jika memilih opsi ini, Anda akan dikenakan biaya setiap ada 1000 orang yang melihat iklan milik Anda. Opsi ini merupakan pilihan yang bagus jika Anda ingin membangun awareness atau iklan lebih banyak dilihat oleh pengunjung search engine.

2.     Pay per Click (Biaya per Klik)

Apabila memilih opsi pembayaran ini, Anda akan dikenakan biaya setiap kali ada pengunjung Google yang mengklik iklan. Jadi bila mereka hanya melihat iklannya, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

3.     Pay per Conversion (Biaya per Konversi)

Opsi ketiga ini adalah pembiayaan yang paling direkomendasikan dalam Google Ads, sebab Anda hanya diwajibkan membayar jika goal atau tujuan iklan terpenuhi. Tujuan tersebut bisa berupa penjualan, lama waktu per kunjungan, pendaftaran member, dan lain sebagainya.

Cara Mengontrol Anggaran Iklan Google Ads

Dalam mengontrol penggunaan anggaran iklan Ads terdapat beberapa fitur yang bisa dipakai, antara lain:

1.     Anggaran Harian

Dengan fitur ini Anda bisa menetapkan biaya harian maksimum untuk kampanye. Tetapi, pada praktiknya Google bisa saja menaikkan anggaran harian secara otomatis hingga 2 kali. Namun jika dihitung dalam satu bulan, anggaran harian Anda akan sesuai dengan angka yang telah ditetapkan.

2.     Beriklan Berdasarkan Waktu Tertentu

Fitur ini dikenal dengan istilah Ads Scheduling, di mana Anda bisa mengatur pukul berapa iklan akan tayang. Jadi anggaran yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan bisa Anda sesuaikan sendiri.

3.     Beriklan Berdasarkan Device atau Perangkat Tertentu

Fitur ini memungkinkan Anda untuk beriklan pada perangkat tertentu, misal iklan hanya ditampilkan pada desktop saja, tablet, smartphone, bisa juga kombinasi ketiganya. Anda juga boleh membuat bid yang berbeda-beda antar perangkat.

Ads memang memberi banyak keuntungan dan kemudahan bagi penggunanya. Jika belum paham tentang Adwords lebih baik Anda menggunakan jasa Adwords dari R2plan, agar target yang ditetapkan dapat tercapai. R2plan merupakan penyedia jasa iklan Google Adwords terbaik yang dapat mempromosikan bisnis Anda di Google.