Kawah di Tangkuban Perahu Yang Terkenal

Kawah di Tangkuban Perahu Yang Terkenal – Wisata gunung Tangkuban Perahu adalah destinasi wisata yang sudah populer dan terletak di Cikole, Kecamatan Lembang kabupaten Bandung barat. Keberadaan tempat wisata ini tidak bisa lepas dari cerita turun temurun yang sudah sangat lekat ditelinga masyarakat, yaitu cerita Sangkuriang.

Kawah di Tangkuban Perahu Yang Terkenal

Berdasarakan cerita rakyat yang beredar luas, nama Tangkuban Perahu ada kaitanya dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh hati kepada ibunya sendiri, Dayang Sumbi. Dayang Sumbi memiliki siasat untuk menggagalkan niat anak yang ingin menikahinya, Dayang Sumbi memberikan syarat, yaitu Sangkuriang diharuskan membuat perahu dalam waktu semalam.

Ketika Sangkuriang menyadari usahanya untuk mewujudkan syarat itu gagal, Sangkuriang sangat marah dan menendang perahu yang dibuatnya, sehingga mendarat dalam posisi terbalik. Perahu yang ditendang inilah yang kemudian membentuk sebuah Gunung Tangkuban Parahu. Gunung yang mempunyai ketinggian + 2.048 Mdpl ini tergolong gunung berapi aktif dan masih sering aktif hingga saat ini. Dan telah tercatat terakhir aktif kembali yaitu sekitar tahun 2019. Gunung ini memiliki beberapa kawah terkenal, dan yang paling popular diantaranya yaitu :

Kawah Ratu
Berdasarkan sumber artikel superadventure, Kawah Ratu merupakan kawah yang ukuranya paling besar dan cantik kawasan wisata Tangkuban Perahu. Anda bisa melihat sebuah prasasti bersejarah di pelataran parkir. Selain itu, dari tempat ini pula anda sudah bisa melihat panorama di sekeliling tangkuban perahu lembang. Terlihat sangat mudah menuruni kawah ratu ini akan tapi pengunjung dilarang untuk turun ke dasar kawah. Gas beracun yang berada di kawah tersebut sangat berbahaya. Dan disarankan bagi pengunjung agar membawa masker.

Kawah Domas
Jarak antara Kawah Domas dengan wisata Ratu tidak begitu jauh. Sayangnya, pengunjung kurang berminat datang ke kawah ini. Penyebab utama Kawah Domas ini jarang dikunjungi mungkin karena papan nama yang tertera kurang besar sehingga tidak terlihat pengunjung. Bisa juga dikarenakan pemandangannya tidak sebagus yang ada di Kawah Ratu. Tapi, Kawah Domas ini sering menjadi alternatif yang kedua tujuan wisata di Tangkuban Perahu. Meskipun minat wisatawan tidak seramai Kawah Ratu, kawah ini memiliki sebuah sumber air panas yang dapat digunakan untuk menyembuhkan beragam penyakit kulit. Dan di sini pula anda bisa merebus telor mentah langsung di kawahnya.

Kawah Upas
Ingin melihat betapa eksotisnya lembah serta pepohonan kayu yang sudah mati? Cobalah anda datang ke Kawah Upas. Anda bisa menikmati sepuasnya keindahan destinasi wisata alam Tangkuban Perahu dari sisi Kawah Upas ini. Medan untuk menuju ke kawah upas ini mudah karena tidak perlu mendaki. Kalau ingin singgah di Kawah Upas, kanda dapat melewati jalur Parongpong. Perjalanan melalui jalur Parongpong kurang lebihnya tiga jam. Tapi jangan khawatir, perjalanananmu ke kawah ini pastinya terasa menyenangkan karena melewati hamparan perkebunan teh yang hijau.

Di area kawah ini anda dapat melakukan beragam kegiatan wisata yang meneyangkan, misalnya saja seperti sekedar berfoto atau mungkin hanya sekedar menikmati keindahan panormanya dari jarak dekat. Anda juga bisa berjalan-jalan sepuasnya mengelilingi sekitar area wisata alam ini, dan jika anda tidak ingin kelelahan karena berjalan kaki saat mengitari kawasan wisata ini, disediakan juga jasa menunggang kuda oleh pengelola wisata. Dan anda tidak perlu hawatir jika belum pernah menunggang kuda Karena anda di tuntun oleh yang sang pawang profesional, jadi di jamin lebih aman.