Mengenal Jenis Iklan Lowongan Kerja dan Contohnya di Kandidat.id

Apa yang kamu lakukan saat hendak mencari pekerjaan? Tentu saja, mencari iklan lowongan kerja ‘kan?

Saat ini, proses mencari pekerjaan sudah menjadi lebih mudah berkat perkembangan teknologi, terutama internet.

Bagi perusahaan, perkembangan teknologi tentunya juga memudahkan proses rekrutmen. Perusahaan bisa mendapatkan calon potensial kapan pun dan di manapun dengan lebih efisien.

Misalnya saja, dahulu, perusahaan harus membuka booth di job fair dan menerima setumpuk berkas lamaran kerja untuk mencari karyawan baru. Hal ini tentunya memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

Maka dari itu, iklan lowongan kerja di website lowongan kerja online menjadi solusi yang mampu mempersingkat proses rekrutmen.

Namun, jenis iklan seperti apa yang mampu menarik perhatian para pencari kerja? Bagaimana cara membuat iklan lowongan kerja yang tepat, serta informasi apa saja yang harus ada didalamnya?

Nah, untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, baca terus ulasan kami mengenai iklan lowongan kerja, jenis-jenis iklan hingga tips dan trik membuat iklan lowongan kerja di bawah ini.

Kenapa Iklan Lowongan Kerja itu Penting?

Sebelum mengulas tentang jenis-jenisnya, ada baiknya kamu pahami dulu seberapa penting iklan lowongan kerja bagi perusahaan.

Seperti halnya iklan produk atau jasa, iklan lowongan kerja juga memiliki satu tujuan utama, yaitu menarik perhatian sebanyak mungkin dari calon karyawan.

Berikut beberapa benefit yang bisa perusahaan dapatkan dengan membuat iklan lowongan kerja:

  • Iklan lowongan kerja dapat meningkatkan kesempatan perusahaan untuk mendapatkan calon karyawan yang potensial. Ini tentunya lebih efektif daripada memberitahukan informasi secara verbal atau mulut ke mulut.
  • Iklan dengan informasi lengkap dan jelas seputar posisi yang ada mampu menyingkat proses rekrutmen yang kerap kali panjang dan berbelit-belit. Perusahaan pun bisa segera mendapat karyawan baru untuk mengisi posisi.
  • Iklan lowongan kerja mampu meningkatkan kredibilitas dan kesan transparansi perusahaan. Selain itu, kualitas karyawan yang perusahaan dapatkan pun bisa meningkat, sehingga bisa menjadi indikator keberhasilan perusahaan.

Mengenal Berbagai Jenis Iklan dan Fungsinya

Iklan memiliki berbagai jenis, baik berdasarkan media penyampaiannya, isi, hingga lokasi pemasangan iklan. Selain itu, target dan peminat setiap jenis iklan pun berbeda-beda.

Maka dari itu, pengetahuan mengenai jenis-jenis iklan bisa sangat membantu perusahaan dalam menjalankan proses rekrutmen.

1.     Jenis Iklan Berdasarkan Media

Media, baik cetak, elektronik ataupun internet tidak hanya menjadi sumber hiburan, namun juga menjadi sumber informasi. Tidak terkecuali informasi terkait lowongan kerja. Berikut jenis-jenis iklan berdasarkan medianya.

  Iklan Cetak

Iklan cetak adalah iklan yang ada pada media yang memanfaatkan teknik cetak, seperti koran, majalah, brosur, dan lain-lain.

Meski saat ini sudah banyak orang menggunakan internet, media cetak tidak kehilangan peminat dan masih populer hingga saat ini sebagai sumber informasi terpercaya.

  Iklan Elektronik

Iklan elektronik merupakan iklan yang memanfaatkan alat elektronik dalam penyebarannya. Contoh media elektronik adalah televisi dan radio.

Media elektronik memiliki keunggulan audio dan visual yang tidak dimiliki media cetak, sehingga popularitasnya dalam penyebaran informasi pun tidak terelakkan.

  Iklan Internet

Iklan internet merupakan iklan yang penyampaiannya dilakukan melalui internet. Penyebaran informasi yang sangat cepat di internet menjadi keunggulan opsi ini.

Contoh iklan di internet adalah iklan berbayar di media sosial, iklan pop up di website, dan email marketing.

   Iklan Outdoor

Iklan outdoor merupakan iklan yang memanfaatkan media yang ada di luar ruangan. Umumnya, iklan outdoor berbentuk plang, spanduk, hingga billboard.

Penggunaan iklan outdoor juga populer, terutama di jalan besar atau pusat kota.

 

 

2.     Jenis Iklan Berdasarkan Tampilan

Kerap kali iklan memiliki tampilan atau visual yang kreatif dan eye catching, sehingga banyak orang tertarik untuk melihat iklan lebih lanjut. Namun, ada juga iklan sederhana yang singkat namun to the point. Berikut penjabarannya.

  Iklan Baris

Iklan baris, atau classified ad, merupakan iklan berupa tulisan pendek yang umumnya terdiri dari 4-5 baris saja. Karena ruang yang singkat, iklan baris mengutamakan info yang singkat, padat, dan kerap kali berupa singkatan kata-kata.

  Iklan Display

Iklan display adalah iklan yang memiliki foto atau gambar yang cukup besar dan mudah terlihat oleh mata.Tidak jarang juga ada iklan display yang mengambil ruang satu halaman penuh.

Secara harga, iklan display memiliki biaya pemasangan yang lebih tinggi daripada iklan baris.

3.     Jenis Iklan Berdasarkan Isi

Berdasarkan isinya, iklan tergolong menjadi empat jenis. Berikut ulasannya.

  Iklan Berisi Permintaan

Iklan permintaan adalah iklan yang isinya berupa permintaan akan pelayanan, barang atau jasa tertentu. Si pengirim iklan umumnya ingin pembacanya bekerjasama sesuai permintaan.

Contoh iklan permintaan adalah iklan lowongan kerja, iklan permintaan maaf dan iklan pencarian produk atau jasa tertentu.

  Iklan Berisi Pengumuman

Iklan pengumuman bisa juga disebut iklan pemberitahuan. Sifatnya bukanlah untuk mencari atau menawarkan produk tertentu, melainkan hanya untuk menginformasi.

Contoh iklan pengumuman adalah pengumuman dukacita atau pengumuman reuni sekolah.

  Iklan Berisi Penawaran / Iklan Komersial

Nyaris semua orang pasti pernah melihat jenis iklan satu ini. Iklan penawaran atau iklan komersial memang merupakan iklan yang paling banyak dijumpai.

Iklan ini berfungsi sebagai ruang untuk menawarkan produk atau jasa. Karena tujuannya untuk menarik perhatian, tidak jarang iklan ini dilengkapi dengan gambar yang menarik.

Contoh iklan komersial adalah iklan produk atau jasa tertentu.

  Iklan layanan masyarakat / Iklan Sosial

Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang berisi himbauan untuk khalayak luas. Iklan ini biasanya dicetuskan oleh lembaga pemerintahan, meski ada juga lembaga non-pemerintahan yang turut menyerukan pesan layanan masyarakat.

Contoh iklan layanan masyarakat adalah iklan anti-narkoba dan himbauan hemat listrik.

Tips Membuat Iklan Lowongan Kerja

Membuat iklan lowongan kerja tidaklah sulit. Meski begitu, terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar iklan lowongan kerja kamu menarik dan berhasil mencuri hati para calon karyawan. Berikut adalah tips yang bisa kamu aplikasikan.

1.     Tentukan Target Iklan

Langkah pertama dalam membuat iklan lowongan pekerjaan adalah menentukan target iklan. Misalnya saja, umur, jenis kelamin, atau jangka pengalaman bekerja.

Apabila kamu mengincar anak muda atau fresh graduate, salah satu opsi yang bisa kamu pilih adalah meluncurkan iklan melalui media sosial. Ini karena cukup banyak fresh graduate yang menggunakan media sosial.

Selain itu, apabila perusahaan kamu lebih membutuhkan karyawan profesional yang sudah memiliki pengalaman bekerja cukup lama, kamu bisa melakukan posting di job portal, koran atau majalah.

  1. Gunakan Judul Pekerjaan yang Umum

Menggunakan judul pekerjaan yang ‘ajaib’ mungkin terdengar menarik bagi sebagian orang. Misalnya saja, mengganti judul pekerjaan ‘Staff Keuangan’ menjadi ‘Penyihir Uang’.

Selain terlihat tidak memiliki kredibilitas, iklan lowongan kerja perusahaan kamu juga memiliki potensi untuk sulit ditemukan oleh pencari kerja apabila menggunakan kata-kata yang ajaib seperti demikian.

3. Gunakan Bahasa Ringkas dan Kalimat yang Tidak Bertele-tele

Dalam membuat iklan lowongan pekerjaan, hindari kata-kata yang tidak banyak diketahui oleh orang awam. Selain itu, usahakan untuk selalu menyampaikan informasi secara singkat dan tidak bertele-tele.

Tips yang cukup ampuh adalah menggunakan maksimal 15 kata dalam satu kalimat. Umumnya, semakin pendek kalimatnya, maka semakin jelas pesannya.

4.     Gunakan Trik Psikologis

Iklan adalah salah satu alat marketing yang sangat bermanfaat. Maka dari itu, tidak heran bila penggunaannya kerap memanfaatkan trik-trik psikologis.

Misalnya, kamu bisa menyediakan ‘ruang kosong’ di bagian pinggir iklan, dengan tujuan membuat pembaca iklan lebih fokus ke isi iklan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara menebalkan atau menggarisbawahi kata-kata yang penting sehingga pembaca iklan bisa menemukan inti kalimat dengan cepat.

5.     Gunakan Teknik Copywriting dan Kaidah SEO

Seperti halnya menawarkan produk atau jasa, terkadang calon pekerja pun perlu ‘dirayu’ dengan kata-kata.

Kamu bisa menggunakan teknik copywriting dalam membuat iklan lowongan kerja. Copywriting merupakan teknik menyusun kata-kata yang bertujuan untuk menggerakkan hati pembacanya untuk melakukan tindakan tertentu.

Sementara itu, teknik SEO membantu iklan lowongan kerja kamu menjadi mudah terlihat di jagat dunia maya.

Pasang Iklan Lowongan Kerja di Kandidat.id: Akses ke Jutaan Pencari Kerja

Dalam proses rekrutmen, kerap kali kamu menemui kesempatan di mana proses rekrutmen berjalan lebih lambat daripada semestinya karena kesalahan-kesalahan kecil.

Misalnya saja, proses verifikasi data yang berlangsung lama, atau berkas lamaran yang bertumpuk tak beraturan, hingga calon karyawan yang berbohong soal kualifikasinya.

Praktik rekrutmen seperti ini tentu memakan waktu, biaya dan tenaga yang lebih lama, sehingga menyebabkan pekerjaan kamu tidak efisien. Tentunya kamu tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Untuk itu, KANDIDAT hadir dan menawarkan solusi untukmu.

KANDIDAT merupakan aplikasi job portal yang siap membuat kamu agar tidak perlu repot lagi dalam membuat iklan lowongan pekerjaan.

Menggunakan KANDIDAT artinya kamu siap menyambut era baru dalam proses rekrutmen karyawan yang lebih mudah, efisien, serta tidak memakan biaya apapun.

Sistem KANDIDAT memungkinkan kamu bertemu dengan calon karyawan yang memenuhi kualifikasi perusahaan kamu. Ini karena sistem pendataan KANDIDAT sangat lengkap dan menyeluruh, sehingga kamu bisa mendapat informasi mengenai calon karyawan dengan lebih mudah.

Informasi mengenai calon karyawan yang mendaftar melalui KANDIDAT terjamin akurat. Ini karena KANDIDAT menyediakan jasa verifikasi data secara langsung di kantor-kantor KANDIDAT yang tersebar di berbagai kota.

Selain itu, KANDIDAT juga menyediakan tes dasar seperti tes kesehatan mata, tes kemampuan bahasa dan tes komputer gratis.

Bahkan, perusahaan juga bisa meminta tes psikologi calon karyawan terlebih dahulu dari KANDIDAT.

Layanan dari KANDIDAT memang memiliki rancangan khusus untuk menyesuaikan kebutuhan tim rekrutmen perusahaan sekaligus pencari kerja, agar proses rekrutmen bisa berjalan semakin singkat.

Cara Mendapatkan Fasilitas KANDIDAT

Untuk menikmati fasilitas KANDIDAT, yang perlu kamu lakukan hanyalah mendaftarkan diri di aplikasi dan website KANDIDAT.

Kamu bisa mengunduh aplikasi KANDIDAT di Google Play Store atau App Store secara gratis. Proses pendaftaran akun pun berjalan dengan cepat, tidak sampai lima menit.

Untuk mengetahui info lebih detail tentang KANDIDAT, kamu juga bisa mengikuti perkembangan layanan KANDIDAT dengan mengikuti KANDIDAT di Facebook dan Instagram.

Kini, pasang lowongan kerja gratis tidak perlu ribet, kamu hanya perlu serahkan semua pada KANDIDAT.

UU tenaga kerja | pasang lowongan kerja gratis | pasang loker gratis | pasang lowongan kerja | iklan lowongan kerja | posting lowongan kerja | lapangan pekerjaan | program magang | pasang iklan lowongan kerja | rekrutmen karyawan

META INTERMEDIA TEKNOLOGI

INTI 1 BLOK C 1 NO. 7, LIPPO CIKARANG, BEKASI JAWA BARAT 17550 +6218990 5868 / info@kandidat.id

FAQ

  1. Sebutkan apa saja jenis iklan beserta fungsinya?

Jawab: Setidaknya ada empat jenis iklan beserta fungsinya, antara lain: jenis iklan berdasarkan media (cetak, elektronik dan internet), jenis iklan berdasarkan tampilan untuk menarik minat dengan tampilan atau visual kreatif, serta jenis iklan berdasarkan isi untuk memberitahukan permintaan, pengumuman, penawaran, dan layanan masyarakat.

  1. Sebutkan tips dalam membuat iklan lowongan kerja?

Jawab: Untuk membuat iklan lowongan kerja, harus memperhatikan beberapa hal berikut: menentukan target, menggunakan judul pekerjaan yang umum, menggunakan bahasa ringkas dan tidak bertele-tele, menggunakan trik psikologis serta mengerapkan teknik copywriting dan kaidah SEO.

  1. Mengapa iklan lowongan kerja itu sangat penting?

Jawab: Karna ada beberapa benefit yang bisa perusahaan dapatkan dengan membuat iklan lowongan kerja, di antaranya: meningkatkan kesempatan mendapatkan calon karyawan yang potensial, memuat infomasi lengkap dan jelas terkait posisi yang ada, serta meningkatkan kredibilitas dan kesan transparansi perusahaan.