Mengenal Lebih Dalam Perusahaan PT SERASI AUTORAYA

Bagi sebagian orang, bisa jadi nama PT Serasi Autoraya masih terdengar asing. Namun nama TRAC Driver Service terbilang lebih akrab di telinga, terutama bagi masyarakat pengguna layanan jasa pengemudi di Indonesia. TRAC Driver Sewrvice (TDS) merupakan anak perusahaan dari PT Serasi Autoraya (SERA) yang berdiri pada April 2002. TDS lahir atas keinginan SERA untuk fokus dalam penyediaan jasa pengelolaan pengemudi yang profesional. Harapannya, layanan ini mampu mendukung bisnis di SBU yang membutuhkan jasa pengemudi dalam operasional sehari-hari, contohnya TRAC Astra Rent a Car dan Serasi Logistik.

SERA memang tidak melayani direct service kepada pelanggan non SBU. Alhasil, fluktuasi jasa layanan pengemudi ini sangat bergantung pada pertumbuhan permintaan akan jasa TRAC Astra Rent A Car dan Serasi Logistik. Toh, SERA optimistis, bisnis penyediaan jasa pengemudi profesional ini memiliki pangsa pasar yang menjanjikan di Indonesia. Berdasarkan data TRAC Astra Rent Car, jumlah pelanggan penyewa mobil meningkat setiap tahun. Alhasil, tingkat kebutuhan akan jasa pengemudi pun meningkat sekitar 20%-30%.

Hingga saat ini, di tahun 2015, jumlah pengemudi sebanyak 8.800 orang. SERA mencatat kenaikan signifikan. Pada 2006, jumlah pengemudi SERA hanya 6.300 orang dan pada 2012, sekitar 9.000 pengemudiv. Padahal, pada awal operasinya, SERA hanya diperkuat oleh sekitar 300 pengemudi. Hingga saat ini, SERA memiliki beberapa lini bisnis di bawah TDS yang dibagi menjadi lima kategori. Pertama, Leasing adalah layanan pengemudi untuk pelanggan dengan jangka waktu sewa yang panjang (lebih dari 1 bulan). Jenis kendaraan yang digunakan beragam mulai dari kendaraan regular penumpang untuk operasional, mobil mewah hingga 4 wheel drive untuk lokasi pertambangan. SERA menempatkan pengemudi dengan skill basic competent (defensive driving) yang tak hanya rajin, melainkan juga memiliki kemampuan komunikasi yang andal. Kedua, Rental, khusus untuk melayani pelanggan dalam jangka waktu relatif pendek. Untuk kebutuhan ini, pengemudi yang diterjunkan memiliki kecakapan bahasa asing serta penguasaan wilayah yang baik.

Ketiga, Logistik, merupakan pelayanan pelanggan untuk kegiatan pengantaran barang dengan menggunakan armada truk. Selanjutnya, keempat adalah Bus yang khusus melayani pelanggan untuk kegiatan wisata serta keperluan rombongan dengan menggunakan kendaraan jenis bus. Terakhir, Rider, layanan pengemudi sepeda motor yang melayani beberapa pelanggan ritel, farmasi dan bank. Untuk menambah layanannya, kini SERA menggarap niche market berupa layanan pengemudi untuk kelas VIP dengan nama layanan Premium Driver. Kelak, pengemudi layanan ini dibekali dengan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kecakapan dan keterampilan. Di antara maraknya layanan jasa pengemudi di pasar, lantas apakah yang menjadi kelebihan dari TDS?

Perusahaan yang memiliki mini sirkuit untuk pelatihan di Cileungsi ini memaparkan bahwa pengemudi TDS sebelumnya dibentuk melalui serangkaian proses standardisasi, dimulai dari proses rekrutmen, pelatihan, pengelolaan, kendali di lapangan, hingga pembinaan. Sebagai perusahaan Grup Astra, SERA senantiasa berupaya menjadi perusahaan pengelola pengemudi terbesar dan terbaik di Indonesia. Didukung dengan pengelola an manajemen yang professional, SERA siap berkontribusi aktif untuk mendukung visi besar PT Astra International Tbk menjadi Kebanggaan Bangsa pada 2020.