Pengertian Sikap Toleransi

Pandangan anda bisa saja berbeda dengan pandangan orang lain. Walaupun berbeda anda dan juga  orang lain harus menghargai perbedaan tersebut. Dengan menghargai perbedaan orang lain,   masyarakat akan mendapatkan kesejahteraan terhadap sesamanya.

Pengertian Sikap Toleransi

Toleransi mengandung nilai penerimaan, penghargaan, dan apresiasi terhadap perbedaan dalam budaya. Bentuknya bisa berupa ungkapan, dan cara hidup manusia. Toleransi menuntut adanya keterbukaan, kebebasan berpikir, dan komunikasi.

Pengertian Toleransi

Toleransi berasal dari bahasa Yunani yaitu Tolerare yang memiliki arti bersikap sabar dalam membiarkan sesuatu. Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) toleransi merupakan sikap aktif yang diidentikan dengan pengakuan nilai-nilai dasar dan kebebasan umat manusia. Penjelasan lebih detail dapat anda baca di undanganmagelang.com.

Sikap-Sikap Toleransi

  • Terbuka

Sikap keterbukaan merupakan sikap yang sangat penting dalam bermasyarakat. Jika tidak ada sikap keterbukaan, manusia akan kehilangan wujud manusia itu sendiri. Sikap terbuka mempunyai pandangan sisi yang berbeda. Yaitu sisi untuk terbuka kepada orang lain dan terbuka bagi orang lain.

Terbuka kepada orang lain mempunyai sifat yang aktif. Maksudnya adalah seseorang yang lebih banyak bertindak untuk memperkenalkan dirinya dan keberadaanya pada orang lain. Sedangkan terbuka bagi orang lain bersifat pasif. Yaitu individu yang menyediakan dirinya untuk orang lain. Individu yang bersedia dalam hal mendengarkan dan juga membiarkan orang lain mengungkapkan dirinya.

  • Tanggung Jawab

Masyarakat harus bertanggung jawab terhadap pernyataan, perkataan dan juga tugasnya masing-masing. Tanggung jawab adalah kesadaran terhadap manusia dalam segala perbuatan dan kegiatan yang ia lakukan. Atas kebebasan yang dimiliki oleh semua orang, maka masing-masing individu diwajibkan untuk bertanggung jawab terhadap kebebasannya sendiri.

  • Solidaritas

Solidaritas merupakan kenyataan terhadap cara pandang manusia dalam menerima orang lain. Solidaritas bisa diartikan juga sebagai bentuk penghargaan yang dinyatakan oleh seseorang atau kelompok kepada orang lain.

  • Kepercayaan

Kepercayaan orang lain sangat berkaitan dengan toleransi. Masyarakat akan percaya kepada seseorang ataupun suatu kelompok jika orang lain ini membuka dirinya kepada sekitarnya. Memperlihatkan kenyataan yang ada pada dirinya.

Kesimpulannya toleransi merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan kepada semua masyarakat di dunia ini. Khususnya bertoleransi di dalam suku, ras, dan agama. Demikianlah ulasan tentang toleransi yang ppkn.co.id sampaikan. Semoga anda selalu mengutamakan toleransi di dalam kehidupan anda.