Pondasi Pagar Beton Yang Kokoh

Pondasi pagar beton adalah salah satu jenis pagar yang memiliki sistem knock down atau biasa dikenal dengan istilah bongkar pasang. Produk ini terdiri dari beberapa elemen yakni daun panel dan tiang panel dimana keduanya terbuat dari bahan beton bertulang. Lantas bagaimana urutan pekerjaanya?

Pondasi Pagar Beton Yang Kokoh

Urutan Pekerjaan Pondasi Pagar Beton

Perencanaan dalam pelaksanaan pekerjaan pondasi pagar beton terdiri dari beberapa tahapan. Pertama yakni pengukuran sekaligus pemasangan bowplank. Tahap ini bertujuan untuk menentukan apakah bidang tanah yang digunakan sebagai media konstruksi sudah lurus atau belum.

Selanjutnya dilakukan penggalian tanah untuk pondasi pagar beton yang sesuai dengan spesifikasi teknis dimana telah ditentukan oleh ahli atau konsultan. Umumnya dimensi galian berukuran 40 x 40 x 100 cm. Tiang pagar dipasang ke dalamnya dan dilanjutkan perakitan elemen daun panel.

Struktur pondasi pagar berjarak 2,5 m untuk memberikan space antara tiang pagar dengan daun panel. Bidang tanah yang dipagari harus dibuat konstruksi berupa penahan tanah apabila masih memiliki sisi kosong di samping, depan dan juga belakang.

Struktur Pondasi Pagar Beton

Pondasi pagar beton adalah struktur setempat yang berfungsi sebagai pondasi pagar saat pemasangan. Berdasarkan bentuknya, dibedakan menjadi beberapa jenis. Pertama yakni terbuat dari susunan batu kali dan adukan pasir, semen dan juga air.

Dimensi batu kali umumnya berukuran 40 x 40 x 100 cm yang memiliki kedalaman hingga 100 cm. Bentuk kedua yakni terbuat dari beton bertulang dimana mempunyai 2 teknik penggunaan bahan meliputi papan triplek dan buis beton sebagai cetakannya.

Dimensi dari buis beton berukuran 30 cm dan diameter dalamnya 40 cm. Pengadaan dari https://sumberjayaprecast.com/ umumnya memiliki ukuran sekitar 30 cm dan 40 cm. Sementara bentuk lainnya seperti persegi akan menggunakan bahan cetakan dari triplek dan papan 40 x 40 x 120 cm.

Itulah tadi ulasan mengenai pondasi pagar beton yang berkaitan dengan urutan pemasangan hingga strukturnya. Anda bisa mengetahui jika produk ini dinilai cukup penting bagi pengadaan bangunan sehingga pemilihannya juga perlu diperhatikan.