Strategi Bisnis UMKM di Masa Pandemi

Apa saja strategi bisnis UMKM di masa pandemi yang bisa diterapkan? Hampir semua sektor usaha terdampak karena pandemi Covid-19, tak terkecuali bisnis UMKM. Kondisi yang tidak menentu di tengah pandemi menuntut para pelaku usaha untuk terus berinovasi agar bisa bertahan dan bahkan tumbuh.

Strategi Bisnis UMKM

Di tengah kondisi pandemi yang masih tidak menentu, semua pelaku usaha berjuang bersama agar tetap terus bertahan menghadapi segala situasi. Dampak pandemi begitu dirasakan oleh sektor UMKM dengan menurunnya omzet penjualan. Berikut ini beberapa strategi bisnis yang bisa dilakukan, di antaranya:

  1. Manfaatkan Media Online Untuk Promosi

Jika pendapatan secara offline belum bisa menopang kehidupan sehari-hari, maka solusi selanjutnya adalah dengan mempromosikan produk secara online melalui media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial dan platform digital lainnya, maka dapat menjangkau audiens pasar yang elbih luas.

Terlebih lagi masyarakat mulai beralih untuk belanja online daripada offline karena aktivitas di luar rumah masih sangat dibatasi dan kebijakan pemerintah juga menuntut untuk lebih banyak di rumah. Media sosial, aplikasi perpesanan, dan marketplace menjadi sarana terbaik untuk melakukan promosi.

  1. Membuka Layanan Delivery Order

Peluang delivery order semakin meningkat karena aktivitas masyarakat di luar rumah sangat terbanyak. Para pelaku bisnis bisa menerapkan sistem layanan delivery order dengan mengirimkan barang pesanan secara langsung kepada konsumen.

Dengan meng-upgrade pelayanan ini maka bisnis UMKM pun tidak akan kehilangan pendapatan dan tetap bisa bertahan. Sangat cocok untuk diterapkan pada bisnis seperti restoran, kafe, kedai makanan, ritel kebutuhan pokok sehari-hari, dan lain sebagainya.

  1. Meningkatkan Inovasi Produk

Tren produk terus berkembang dari tahun ke tahun menyesuaikan minat masyarakat dan kebutuhan konsumen. Anda harus terus berinovasi dan menciptakan produk yang dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai konsumen.

Contohnya, di masa pandemi kebutuhan akan masker, hand sanitizer, vitamin, obat-obatan, hingga frozen food semakin meningkat. Untuk lebih jelasnya, silahkan masuk ke laman https://bisnisonlinekuy.com/ dan temukan segudang informasi menarik lainnya.

Lakukan riset mendalam dalam menerapkan strategi bisnis UMKM di masa pandemi sehingga produk yang dijual bisa mengikuti kebutuhan pasar.